Putusan terkait materi gugatan


materi gugatan yang termasuk ke dalam kewenangan PHI adalah perselisihan hubungan industrial yang oleh UU No.2 Tahun 2004 Tentang Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial dibatasi pada empat jenis perselisihan saja. Yaitu, perselisihan hak, perselisihan kepentingan, perselisihan pemutusan hubungan kerja dan perselisihan antar serikat pekerja/buruh (Pasal 1 angka 17 jo Pasal 2 UU PPHI).


Perselisihan hak adalah perselisihan yang timbul karena tidak dipenuhinya hak, akibat adanya perbedaan pelaksanaan atau penafsiran terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan, perjanjian kerja, peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama. Perselisihan kepentingan adalah perselisihan yang timbul dalam hubungan kerja karena tidak adanya kesesuaian pendapat mengenai pembuatan dan/atau perubahan syarat-syarat kerja yang ditetapkan dalam perjanjian kerja atau peraturan perusahaan atau perjanjian kerja bersama.


perselisihan pemutusan hubungan kerja adalah perselisihan yang timbul karena tidak adanya kesesuaian pendapat mengenai pengakhiran hubungan kerja yang dilakukan oleh salah satu pihak. Perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh adalah perselisihan antara serikat pekerja/buruh dengan serikat pekerja/buruh lain hanya dalam satu perusahaan, karena tidak adanya persesuaian paham mengenai keanggotaan, pelaksanaan hak dan kewajiban keserikatpekerjaan.


Perselisihan hubungan industrial adalah saat terjadi perbedaan terhadap pelaksanaan hal-hal yang diatur oleh UU Ketenagakerjaan, UU Serikat pekerja/serikat buruh serta peraturan perburuhan lainnya, seperti jamsostek beserta seluruh peraturan pelaksana turunannya.