Putusan NO karena Gugatan Kabur (obscuur libel)

Gugatan yang kabur adalah gugatan yang formulasinya tidak jelas. Dalam praktik dikenal beberapa faktor yang dapat menyebabkan gugatan dikategorikan kabur, antara lain:

a. Tidak jelasnya dasar hukum dalil gugatan

Posita (duduk perkara) tidak menjelaskan dasar hukum dan kejadian/peristiwa yang mendasari gugatan. Bisa juga, dasar hukum jelas, tapi tidak dijelaskan dasar faktanya. Gugatan dianggap tidak jelas dan tidak tertentu.

b. Tidak jelasnya objek sengketa

Kekaburan objek sengketa sering terjadi mengenai tanah. Terdapat beberapa aspek yang menimbulkan kaburnya objek gugatan mengenai tanah : batas-batasnya tidak jelas, letaknya tidak pasti, ukuran yang disebut dalam gugatan berbeda dengan hasil pemeriksaan setempat.

c. Petitum (tuntutan) Gugatan tidak jelas

Antara lain : 1) Petitum tidak rinci ; 2) kontradiksi antara posita dan petitum.

Majelis Hakim PHI Palembang pada Putusan No.20/G/2006/PHI.PLG menerima Eksepsi Tergugat bahwa gugatan Penggugat kabur (Exceptie Obscuur Libel), dan Gugatan dinyatakan tidak dapat diterima (N.O), karena posita dan petitum gugatan Para Penggugat dinilai tidak saling mendukung. Hal-hal yang dituntut tidak diuraikan dalam posita tapi diuraikan dalam lampiran Gugatan.