Bagaimana Sikap Anda Sebagai Tergugat Setelah Menerima Panggilan Sidang Gugatan Sederhana?

Ketika anda menjadi tergugat, terdapat beberapa hal yang harus anda ketahui dan perhatikan:

  1. Pada saat pemanggilan, jurusita akan memberikan surat panggilan kepada anda. Dalam surat panggilan juga dilampirkan salinan gugatan yang menjelaskan siapa yang menggugat anda, dalam sengketa apa anda digugat, kapan anda harus hadir di persidangan, dan di mana persidangan tersebut akan dilakukan.
  2. Jurusita memberitahukan kepada anda bahwa di Pengadilan tersedia formulir atau blanko Jawaban atas Gugatan Sederhana, jika diperlukan. Blanko tersebut merupakan jawaban anda atas gugatan yang diajukan oleh penggugat. Anda mengisi dan membawa blanko tersebut saat hadir dalam sidang di pengadilan. Selain itu, jurusita juga akan memberitahukan bahwa pada waktu persidangan, para pihak membawa surat- surat bukti serta saksi-saksi yang dianggap perlu.
  3. Pastikan ketika hadir dalam persidangan, anda sudah menyiapkan bukti-bukti atau saksi-saksi untuk menyanggah gugatan yang diajukan oleh penggugat. Persidangan akan berjalan secara cepat, sehingga kesiapan anda dengan sanggahan-sanggahan akan mempermudah anda untuk mempertahankan hak-hak anda.
  4. Anda harus memperhatikan dengan saksama setiap keterangan yang tertulis dalam surat panggilan dan salinan gugatan. Apabila perlu, anda dapat mencatat detilnya sehingga tidak ada informasi yang terlewat.
  5. Apabila anda sedang tidak berada di tempat saat jurusita menyampaikan surat panggilan, maka jurusita akan menyampaikan panggilan tersebut kepada kepala desa/lurah. Orang yang menerima surat pnggilan harus menandatangani surat panggilan tersebut.
  6. Sembari menunggu hari persidangan, sebaiknya anda menggunakan waktu sebaik-baiknya untuk mempersiapkan jawaban atas gugatan penggugat.
  7. Apabila membutuhkan bantuan hukum, anda berhak didampingi oleh kuasa hukum.