Apa itu Gugatan sederhana?

Gugatan sederhana merupakan gugatan perdata dengan nilai gugatan materiil paling banyak Rp.500.000.000,00 (lima ratus juta rupiah) yang diselesaikan dengan tata cara dan pembuktian yang sederhana.

Penyelesaian dengan gugatan sederhana hanya bisa digunakan untuk perkara ingkar janji wanprestasi dan atau perbuatan melawan hukum.

Perkara ingkar janji wanprestasi merupakan perkara yang timbul akibat tidak dipenuhinya sebuah perjanjian baik secara tertulis maupun tidak tertulis. Misalkan a dan b melakukan jual beli terhadap suatu barang dalam perjalanannya a telah menyerahkan sejumlah uang namun B belum memberikan barang yang dijanjikan untuk diserahkan itu yang dimaksud dengan perkara ingkar janji

Perkara perbuatan melawan hukum adalah perkara yang timbul akibat dirugikan nya suatu pihak karena tindakan pihak lain dan tidak ada perjanjian sebelumnya misalkan a ditabrak B pada suatu kecelakaan lalu lintas akibat perbuatan B A mengalami cedera dan memerlukan biaya pengobatan rumah sakit maka a dapat menggugat B untuk mengganti seluruh kerugian yang disebabkan oleh perbuatan B.

Namun demikian tidak semua perkara ingkar janji dan perbuatan melawan hukum dapat diselesaikan melalui penyelesaian gugatan sederhana.